Puluhan tahun lalu, telegram adalah salah satu layanan kantor pos untuk menyampaikan pesan pendek jarak jauh secara cepat. Seiring berjalannya waktu telegram pun ditinggalkan karena orang-orang mulai berpindah ke pager, lalu ke HP hingga masa kini.

Telegram pada masa internet ini lebih dikenal sebagai salah satu aplikasi chatting, seperti whatsapp. Walaupun tidak sepopuler dan digunakan seluas whatsapp, telegram tetap menjadi salah satu aplikasi favorit saya, terutama karena ia menyediakan fitur ‘channel’ yang tidak saya temukan di aplikasi chat lain.

Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar tentang apa itu ‘channel telegram’, udah banyak blog lain yang bahas, terlebih karena saya tidak punya kemampuan untuk menjelaskannya, hehe.

Disini saya akan berbagi beberapa channel telegram yang saya ikuti dan menjadi favorit saya… terutama channel-channel tentang kajian ilmu islam.


1. Yufid TV – @yufidtv – 
https://telegram.me/yufidtv

Konten:

– video pendek tausiyah dan ceramah para ustadz dengan berbagai tema

– video tata cara ibadah, misal yang pernah saya tonton tentang tata cara shalat nabi, tata cara mandi besar, dll.

– ceramah/ tausiyah yang dibuat motion graphic sehingga lebih menarik

– video slideshow artikel-artikel dari berbagai websites Islam

– Serial Bincang Ringan Angkringan (salah satu favorit saya -dan Akhtar. Pemerannya 2 orang laki-laki yang ngobrol ringan seputar agama di angkringan, dengan bahasa Jawa… berteks bahasa Indonesia juga tapinyaa.. hehe)

Daaan lain-lain… kece lah pokoknya.

2. Siroh Nabawiyyah – @sirohnabawiyyah – https://telegram.me/sirohnabawiyyah

Belajar siroh secara online bersama Ustadz Budi Ashari, ahli sejarah Islam.

Materi kajian berupa audio dibagikan di channel tiap Selasa pagi.

Channel ini membantu bangeeeut buat saya yang agak susah belajar siroh hanya dengan membaca buku, terlebih bahasannya mendalam. Kita diajak untuk tidak sekedar tahu peristiwa, namun juga mampu menggali hikmah/ pelajaran darinya.

3. Tarbiyatul Aulad – @TarbiyatulAulad – https://telegram.me/TarbiyatulAulad

Konten:

– audio ceramah ustadz-ustadz yang berkaitan dengan parenting islami

– artikel-artikel tarbiyatul aulad

– silsilah nasihat dan bimbingan tarbiyatul aulad dalam bentuk eposter

– dll

4. Jadwal Kajian – @jadwalkajianID – https://telegram.me/jadwalkajianID

Info terkini kajian Islam di berbagai kota di Indonesia, bahkan beberapa negara luar juga.

Tapi… berhubung mobilitas terbatas, jadiiii.. diriku sekedar cuktau (alias cukup tau) aja ada kajian disini dan disono… :|

5. Tadabur Quran – @pptqattaqwa – https://telegram.me/pptqattaqwa

Sebenarnya ini channel resmi salah satu pesantren Alquran. 

Channel ini secara rutin membagikan tafsir ayat-ayat Alquran untuk kita renungkan.

InsyaAllah sumbernya shahih, diantaranya mengambil dari Tafsir Ibnu Katsir.

6. Bincang Parenting Fauzil Adhim – @MohammadFauzilAdhim – https://telegram.me/MohammadFauzilAdhim

Channel yang dikelola langsung oleh Ust. Fauzil Adhim. Berisi tulisan-tulisan beliau yang biasa di share di media sosial lain juga (FB).

Tapi, dengan channel telegram ini kita ga perlu khawatir tertinggal postingan beliau, yang terlama sekalipun.

7. Tausiyah Bimbingan Islam – @tausiyahbimbingan – https://telegram.me/tausiyahbimbingan

Pernah tahu atau malah udah join grup BiAS alias Bimbingan Islam di whatsapp? Yaitu kajian online yang sarat ilmu bangeeet.. setiap hari ada share audio kajian -plus teksnya sekalian- dari para ustadz. Betapa Allah mudahkan kita ya untuk menuntut ilmu dengan kemajuan teknologi saat ini, tinggal kitanya mau belajar atau tidak.

Nah, BiAS punya channel telegramnya juga, tapiii.. disini tidak ada sharing materi dari grup whatsapp. Biasanya ‘hanya’ berupa tausiyah singkat yang seringkali makjleb! Jleb! Jleb!

Dulu sih rutin banget ada postingan terbaru di channel BiAS, tapi belakangan jadi agak jarang.

***

Masih ada beberapa channel favorit sebenarnya, tapi dicukupkan sampai sini aja untuk malam ini.. (ngantuk euy, mana besok pagi mau jalan ke Ciledug lagi – eh kok curhat). Sisanya sih ada beberapa channel resmi website, lembaga, ataupun organisasi. Coba cari di blog sebelah hihi… (lho!?). Ciyus.. banyak keles yang ngelist referensi channel telegram mah.

Oh ya… buat yang belum tahu cara pakainya… pertama, tentu aja kudu install aplikasi telegram-nya.. channel telegram bisa dicari di kolom pencarian dengan mengetik ‘@’ terlebih dahulu… tuh nama-nama channel yang pake @ udah saya cantumin kan di atas.  

Trus nih ya.. yang pentiiiing banget kalau mau ngaji online… jangan salah pilih sumber belajar, pastikan ajarannya lurus sesuai Alquran dan Sunnah ya. Kalau ada artikel, diperiksa lagi referensinya dari mana. Kalau ada ustadz yang ga kita kenal, cari tau rekam jejaknya gimana. Kalau ada kesempatan untuk belajar offline, ya jabanin deh. 

Semoga Allah senantiasa memberi kita hidayah untuk terus memperbaiki diri, memudahkan kita untuk terus menuntut ilmu. 

Untuk diingat.. note to my self sebenernya ini mah… ilmu yang bermanfaat itu ilmu yang membuat kita semakin mengenal Allah, semakin dekat kepada Allah, semakin takut kepada Allah… ilmu apapun itu, termasuk ilmu-ilmu (yang terlihat) duniawi.

Kalau sekiranya ilmu itu justru berlaku sebaliknya… 

… jangan-jangan kita hanya menyia-nyiakan waktu :o

Advertisements