M: “Assalamu’alaykum jumpa lagi dengan saya, Mim… daaan…”

A: “Akhtar” 

M: “Dalam acaraaa…”

M & A: “Hoom Piim Pa!!” Sambil bersama-sama mengayunkan telapak tangan ke kiri ke kanan, menggoyangkan kepala searah ayunan tangan, kemudian membuang kedua tangan ke depan, persis seperti yang Kak Mel lakukan. 

Kak Mel? Siapa Kak Mel?

Kak Mel itu pemandu acara anak-anak Hompimpa yang tayang setiap hari jam 12.30 di salah satu stasiun TV lokal Bandung. Udah lama ga nonton sih, jadi ga tau apakah masih ada acaranya atau ngga.

Di acara itu Kak Mel mengajak para penonton berkunjung ke tempat-tempat asyik -biasanya masih di sekitaran Bandung- sambil belajar. Bisa ke taman, kebun bunga, kebun sayuran, museum, peternakan, dan lain-lain.

Ada segmen di acara itu, dimana Kak Mel praktik membuat kreasi sederhana sesuai tema hari itu, misal membuat perahu dari kotak bekas susu saat berkunjung ke Floating Market. Seperti chef di acara masak-masak, Kak Mel memberi contoh cara membuatnya step by step.

Nah… segmen inilah yang jadi favorit Akhtar. Walaupun sudah tidak menonton acaranya, sesekali Akhtar masih minta main “Hompimpa”, dimana saya berperan seperti Kak Mel yang tugasnya ‘bikin-bikin’ dari bahan utama yang disodorkan Akhtar. 

Kadang dia menyodorkan kertas lipat, atau kain felt, atau kepingan puzzle, atau wadah kayu pajangan di rumah Nin. Disitu saya yang musti kreatif bikin-bikin, walaupun sebenarnya Akhtar ga pernah sedikitpun menuntut hasil kreasi tertentu, bahkan ketika saya membuat lipatan kertas tak beraturan pun, Akhtar akan terlihat senang lalu bertepuk tangan, karena inti permainannya adalah.. kami berpura-pura jadi host Hompimpa.

Kalau pada awalnya saya yang berperan praktik ‘cara membuat step by step’, sekarang ini Akhtar yang lebih sering mengambil peran itu… walaupun yang dia omongkan hanya ini dan itu..

“Ini kesini… lalu… simpan disini.. sekarang yang bulat-bulatnya disini… naaah gituuu…”

“… Selesai deh…” sambil menunjukkan hasil karyanya.

“Sampai jumpa lagi diii… Hooom piiim paa!! Dadaaah…” Lalu acara kami tutup.