Ada lima tahap yang dilalui anak dalam proses mengenal sampai ‘memahami’ isi sebuah buku. Sebenarnyaaa… ini hanya tulisan subjektif atas apa yang saya perhatikan pada Akhtar sih. Hehe…
Dan pastinya setiap anak punya keunikan sendiri dalam memperlihatkan ketertarikannya pada buku.

Tahap pertama, anak hanya membuka-buka buku dan melihat-lihat gambarnya.

Kedua, anak membuka buku dan bertanya, “Ini apa?” sambil menunjuk gambar-gambar yang belum dikenalnya.

Ketiga, anak ‘membaca’ buku tanpa meminta bantuan orangtua. Ia membuka-buka buku dan menyebut nama gambar di buku dengan tepat.

Keempat, anak kembali bertanya, “Ini apa?” tidak bermaksud untuk bertanya, tapi mengetes. Orangtua mulai ‘waspada’ di tahap ini, karena ga bisa lagi menjawab asal. Anak akan mengoreksi jawaban kita, kadang dengan nada kesal, kalau berulang-ulang kita membuat kesalahan.

Kelima, anak mulai meminta kita membacakan tulisan yang lebih panjang dan bertanya lebih mendalam.

Keenam, anak bisa menceritakan isi buku, dengan ‘bahasa sendiri’. Tahap paling ‘lucu’ menurut saya, karena sering keluar kosakata baru yang tidak ada dalam kamus manapun.

Eh kok enam? Katanya lima?

Penting? :D