Ada lah salah satu program favorit saya di channel National Geographic People yaitu Eat Street, yang juga menginspirasi saya bermimpi memiliki kedai makanan yang bisa mobile kemana-mana.

image

natgeotv.com

Acara ini meliput berbagai food truck ngetop di USA. Dengan pengambilan gambar makanan yang menarik, saya dibuat menelan ludah berkali-kali karena tampilan makanan dan ekspresi orang yang memakannya membuat makanan itu terlihat saaaaangat lezat.

image

natgeotv.com

Senang juga melihat para pengelola food truck yang sepertinya sangat mencintai pekerjaan mereka. Menyiapkan pesanan, melayani orang-orang yang antri mengular, dan puas melihat para pelanggannya kenyang dan senang.

Sampai-sampai saya bermimpi bisa melakukan hal yang sama. Ya, saya ingin punya kedai berjalan dengan menu istimewa yang dinanti-nanti oleh para pelanggan.

TENTANG FOOD TRUCK

Jadi, food truck itu katanya mulai menjamur ketika krisis keuangan, hmm.. yang 1998 atau 2007 gitu ya? Food truck muncul sebagai solusi makan yang murah, baik bagi penjual maupun pembelinya. Pada awal keramaiannya, food truck ini hanya menyajikan fast food ala Amerika, namun pada perkembangannya kini orang-orang disana bisa menikmati hidangan restoran mewah di sebelah sebuah truk makanan. Waw…

Intermezo: Tiba-tiba inget warung tenda Semanggi yang ramai tahun 1998an… hmm… pemicunya krisis keuangan juga bukan sih?

Sementara, sebenarnya food truck ini sudah muncul lama sekali sejak revolusi industri, dimana para pekerja membutuhkan makan siang yang cepat dan mudah dicapai. Yang mana ide memasak di dalam kendaraan itu datang dari zaman cowboy yang sering melakukan perjalanan berbulan-bulan menggiring ternak dari satu wilayah ke wilayah lain di USA. Salah satu gerobak yang mengiringi perjalanan mereka yaitu gerobak berisi persediaan makanan, lengkap dengan peralatan memasaknya.

Kira-kira begitu yang bisa saya simpulkan dari tayangan itu dan penjelasan tambahan dari program United Stuff of America. Maaf ya kalo salah salah, kalo lupa lupa, moga-moga ga disemprit ma yang punya acara hehe…

Merasa terinspirasi, membuat saya pun ingin memiliki sebuah Food Truck :)

Ngawang-ngawang?

Jadi, sebenarnya sudah sejak lama saya bermimpi punya usaha makanan, spesifiknya yang selalu terbayang-bayang sih toko kue/ cake. Kenapa? Karena biasanya cake itu bercitarasa manis dan saya penggila camilan manis, wehehehe… Lumayan menggebu waktu kuliah, namun tidak ada sedikitpun langkah nyata untuk mewujudkannya. Hadeuuh… Eh ada deng, saya rajin beli tabloid khusus resep makanan waktu itu bhihihihi…

Tapi ya impian itu hanya muncul selewat-selewat dalam kehidupan sehari-hari saya. Kadang inget kadang nggak. Nah, semenjak jadi cewek rumahan ini saya mulai menggali kembali impian-impian lama saya, memikirkan bagaimana mewujudkannya, daann… sayangnya hanya sebatas memikirkan, lagi-lagi belum ada langkah nyata. Heuheu… Bahkan cita-cita saya waktu masih SD muncul memenuhi salah satu ruang hati saya #eaaa, apa itu? Mendirikan dan mengajar anak-anak TK :)

Saya pikir, ga mudah dan ga murah mewujudkan impian yang dalam kasat mata membutuhkan sangat banyak uang itu, walaupun teorinya, ketika memulai bisnis, katanya modal utamanya adalah apa pun yang melekat pada diri kita, bukan uang. Tapi, uang, menurut saya, bisa menjadi pengungkit agar bisnis terbangun lebih cepat. KJSS #koreksijikasayasalah.

Nah, gara-gara Eat Street ini mimpi saya sedikit bergeser, bukan membuka toko, tapi saya ingin mengendarai toko itu kemana-mana. Sebuah toko berjalan khusus makanan pencuci mulut, yang akan saya namai Candy Crush. Eh… kok… itu bukannya nama game? Wkwkwk…

image

Suatu malam di Bandung, saya dan suami pernah kencan ke Braga Culinary Night, banyak penjual jajanan yang melayani pembeli dari dalam mobil yang sudah dimodifikasi agar bisa untuk berjualan. Namun rata-rata mereka menggunakan mobil hanya seukuran VW Combi. Menurut saya itu langkah yang bagus sebagai awal, karena mengelola kendaraan yang lebih besar pasti membutuhkan dana yang lebih besar lagi. Dan saya perkirakan, dengan sotoynya tanpa riset apapun, hahaha, beberapa tahun ke depan akan ramai food truck-food truck kecil di Kota Bandung.

Ah, yaa.. gitu deh… itu impian saya…

Menunggu untuk diwujudkan :)