image

Prof Yohanes Surya percaya bahwa pada suatu saat nanti akan ada peraih Nobel Fisika dari Indonesia. Beliau menargetkan Indonesia akan meraih Nobel Fisika pada tahun 2020. Target yang terukur oleh bilangan tahun itu menempatkannya pada kondisi KRITIS yang mendorongnya untuk melakukan LANGKAH-LANGKAH pencapaian, diiringi dengan keTEKUNan. Ketiga hal itulah, kritis, langkah, dan tekun, yang disingkat Prof Yo menjadi KRILANGKUN, yang dapat merangsang terjadinya MESTAKUNG. Semesta Mendukung.

Mestakung dimulai dengan mimpi,maka bermimpilah setinggi-tingginya. Mimpi akan menciptakan kondisi-kondisi kritis, dan semesta akan mendukung kita melewati kondisi-kondisi kritis ini. Ketika berada dalam kondisi kritis, ingatlah hukum pertama dari Tiga Hukum Mestakung, yaitu Hukum Kritis yang berbunyi “Dalam setiap kondisi kritis ada jalan keluar”.

Tuhan sudah menciptakan jalan keluar untuk setiap masalah, kita tinggal mencarinya saja. Bagaimana mencarinya? Yaitu dengan Hukum Mestakung yang berikutnya, Hukum Langkah yang berbunyi, “Ketika kita melangkah, terlihatlah jalan keluar”. Ketika kita melangkah, semesta akan bereaksi dan mengatur diri untuk membantu kita keluar dari masalah kita.

Ketika kita mulai melihat jalan keluar, maka ingat Hukum Tekun “Ketika kita melangkah dengan tekun, terjadilah mestakung”. Ketika semesta mendukung terjadilah pelipatgandaan hasil. Alam mengatur diri membuat apa yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Konsep yang ‘sederhana’ bukan? Banyak buku bahkan novel yang membahasnya dengan cara berbeda, banyak trainer dan motivator yang menyampaikannya, banyak orang memahami kekuatan impian yang tertanam dalam alam bawah sadar. Yang kita butuhkan, ‘hanya’ satu langkah kecil yang mengawali langkah-langkah berikutnya. Lalu, berapa banyak orang yang sudah berani memulai langkah pertama itu? Saya … masih melangkah setengah-setengah :(

Secara spesifik buku ini sebenarnya menceritakan mestakung yang terjadi pada Prof Yo dan timnya selama membina anak-anak muda berbakat untuk mengikuti Olimpiade Fisika Internasional. Prof Yo, yang telah memiliki greencard untuk bisa tinggal dan bekerja di Amerika Serikat, memutuskan kembali ke Indonesia pada tahun 1992 dan mempersiapkan anak-anak Indonesia untuk mengikuti Olimpiade Fisika Internasional. Hasilnya terlihat, dengan kerja keras, sejak 1993 hingga 2006 (ketika buku ini pertama kali diterbitkan) siswa-siswa binaannya berhasil meraih 54 medali emas, 33 medali perak, dan 42 medali perunggu dalam berbagai kompetisi fisika internasional. Wow!

Nobel Fisika yang ditargetkannya diraih orang Indonesia pada 2020 diyakininya merupakan suatu cara untuk membuat Indonesia dipandang oleh dunia sebagai kawasan yang potensial dalam penelitian dan pengembangan teknologi. Sekaligus membuat Indonesia dapat mengejar ketertinggalannya dalam hal teknologi dari negara-negara maju.

Buku ini tentang fisika, konsep mestakung itu sendiri awalnya dari fisika seperti yang dijelaskan pada Bab 1 buku ini, tapi tentu saja konsep mestakung berlaku diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan kita kan?

Informasi buku:
Judul: MESTAKUNG, Rahasia Sukses Meraih Impian
Penulis: Prof. Yohanes Surya, Ph.D
Penerbit: Kaifa
Cetakan: I, September 2011 (edisi revisi)
Tebal: 201 halaman, dari halaman muka sampai lembar terakhir
Rate: 4 bintang