image

Wow … ini buku yang mesti dibaca para pemuda yang pesimis terhadap masa depan Indonesia. Tidak ada alasan untuk pesimis karena Indonesia adalah negara dengan potensi yang luar biasa hebat jika kita mengelolanya dengan baik.

Abaikan berita negatif yang sering muncul di TV dan koran. Itu lah yang membuat rakyat Indonesia merasa negara ini tidak memiliki harapan. Jika ingin melihat Indonesia yang sesungguhnya, minimal lebih peka lah terhadap lingkungan sekitar. Masih pesimis juga? Berpetualang lah … lihat sisi lain negara kita di bagian lain wilayah Indonesia.

Nasional.is.me meneriakkan semangat MENCIPTAKAN perubahan kepada para pemuda, bukan hanya MENUNTUT perubahan. Berbuat … berbuat … dan berbuat sesuai dengan kemampuan kita, passion kita, lentera jiwa, kalau Pandji mengistilahkan. Istilah yang juga digunakan oleh Andi F Noya kan? Yaitu sesuatu yang kita lakukan dengan penuh kecintaan sehingga tidak ada beban ketika mengerjakannya.

Pandji, merupakan satu diantara mungkin tidak sedikit figur publik yang saya nilai kentara sekali nasionalis-nya. Oh ya btw apa yang Anda tahu tentang nasionalisme? Yang kurang aktif mencari tahu, termasuk saya, kebanyakan akan menelan mentah-mentah makna nasionalisme yang dipahami umum sebagai semangat kebangsaan, atau rasa cinta Indonesia. Ternyata secara sederhana nasionalisme adalah sebuah paham yang meyakini bahwa perbedaan dalam sebuah negara harus dipersatukan. Tapi saya lebih sependapat dengan definisi menurut wikipedia, yaitu paham yang menciptakan dan mempertahankan sebuah negara (nation) dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia. Identitas bersama … jadi ingat PANCASILA kan? :)

Dengan semangat nasionalisme itulah Pandji menyebarkan semangat IndonesiaUnite yang awalnya ‘hanya’ berupa hashtag #IndonesiaUnite di Twitter. IU bukan organisasi, bukan gerakan, tidak didirikan atau dimiliki oleh siapapun. IU adalah semangat perubahan dan hal itu bisa dimiliki oleh siapapun di Indonesia.

Sebagai salah satu penggagas program Provocative Proactive versi TV (karena sebelumnya,mungkin sampai sekarang masih, PP merupakan program radio yang dibawakan Pandji di Hard Rock FM), Pandji dan tim PP mengajak kita mengambil inisiatif untuk secara proaktif memprovokasi pemikiran kita sendiri, tidak menelan mentah informasi yang kita terima namun juga mencoba melihatĀ  dari sisi yang berbeda, tanpa pernah merasakan keraguan. Tapi, btw, keraguan kadang-kadang juga diperlukan untuk menguatkan keyakinan kita, ya kan? Asal kita menindaklanjuti keraguan itu dengan pencarian sebanyak-banyaknya informasi atas apa yang kita ragukan.

Selebihnya, silakan baca bukunya langsung. Sebenarnya saya punya format e-book yang dikirim teman saya hampir dua tahun lalu. Memang sebelum menjadi buku cetak, tulisan Pandji sudah lebih dahulu diluncurkan dalam format e-book. Namun dengan membeli buku cetaknya, Anda juga berarti ikut menyumbangkan satu buku ini untuk saudara-saudara kita yang tidak terjangkau internet atau toko buku di daerah-daerah terpencil sana.

Selamat membaca, dengan bahasa ringan yang mudah dipahami, Anda cukup menyediakan waktu dan segenap hati untuk menyelesaikan buku ini :)

Inspiratif!
Selamat berkarya untuk Indonesia :)

Rate: EMPAT bintang

Informasi buku:
Judul: NASIONAL.IS.ME
Penulis: Pandji Pragiwaksono
Penerbit: Bentang
Cetakan: II, Agustus 2011
Tebal: 330 halaman