Jadi, akun-akun apa saja yang pernah Anda buat di internet? Mulai dari saya? Oke …

Email
Email pertama, saya buat waktu SMP. Dulu saya menggunakan plasa.com, alamatnya lupa.
Sementara, saat ini saya memiliki 5 alamat email aktif, yaitu
1 akun email kantor,
1 akun email yang saya buat waktu SMA. Tong dari berbagai milis yang saya subscribe dan berbagai macam notifikasi Friendster.
Akhirnya saya create 1 email lagi, namanya agak aneh, atau … alay (?), sebenarnya tidak bermaksud beralay ria, hanya terinspirasi oleh kata-kata lebay yang digunakan oleh seorang teman sekost dulu kalo memanggil saya lewat teks. Inboxnya penuh dengan notifikasi Facebook, juga aktif untuk instant messenger.
Saat memasuki usia yang ‘lebih dewasa’ dengan dunia yang ‘lebih serius’ :P saya buat satu akun baru yang namanya tidak macam-macam, karena dengan email ini lah saya akan melakukan hal-hal yang lebih formal, saat ini email itu saya gunakan untuk subscribe salah satu milis yang (terlalu) serius, dan notifikasi dari beberapa situs lain (2 diantaranya situs pencarian kerja, dan 1 situs komunitas buku).
Kemudian saya buat 1 akun lagi, untuk subscribe milis SMA dan milis salah satu penulis favorit saya.

Blog
Ini blog kedua saya. Sebelumnya saya buat blog wordpress dengan alamat yang berbeda, namun, karena namanya menurut saya kurang oke, akhirnya saya buat akun wordpress baru.
Saya juga sempat membuat satu akun di Kompasiana, tapi hanya bertahan sampai 1 postingan. Hehe.

Jejaring Sosial
Dulu orang yang ngga punya Friendster dianggap gak gaul … sampai kemudian orang berbondong-bondong pindah ke Facebook, lalu menganggap Friendster kuno. Sekarang, orang banyak berpindah ke Twitter, dan sebagian pengguna Facebook yang sekarang lebih senang berkicau di Twitter, menganggap Facebook ketinggalan jaman.
Ya, begitulah tipikal masyarakat kita, jika saya perhatikan. Seperti fenomena Blackberry yang dulu dibangga-banggakan para pemiliknya ketika awal diperkenalkan di Indonesia, sampai kemudian (saya pernah membaca) seseorang menganggap BB terlalu pasaran dan membosankan.
Terus terang, saya kurang suka dengan tipikal orang seperti itu, kalo tidak dikatakan jengah, karena mereka tidak berkontribusi apapun terhadap penciptaan berbagai teknologi itu, hanya followers, yang kemudian hanya bisa menganggap kuno teknologi yang pernah mereka manfaatkan itu.
Untuk ketiga jejaring sosial di atas yang paling populer atau pernah populer di Indonesia, Anda punya akunnya juga kan?

Goodreads
Salah satu jejaring sosial favorit saya, karena disini kita bisa berteman dengan orang-orang dan berbagi cerita, review, atau rating mengenai buku-buku yang pernah kita baca. Teman saya di Goodreads tidak begitu banyak, dan mungkin hanya 3 atau 4 orang yang saya kenal orangnya secara fisik. Di Goodreads juga kita bisa berteman dengan Goodreads Author yaitu para penulis buku yang memiliki akun di Goodreads.
Di Goodreads ini lah saya biasanya mencari referensi sebelum membeli buku. Menarik :)

Situs Informasi Lowongan Kerja
Saya membuat account di 2 situs pencari kerja, yaitu ini dan itu hehe. Sangat membantu akhir-akhir ini, karena dari beberapa aplikasi yang saya masukkan melalui websites ini, saya mendapat beberapa panggilan interview dan tes.
Sekedar saran dari saya, ketika memasukkan lamaran, boleh lah coba-coba, namun tetap fokus pada tujuan dan cita-cita kita. Jangan asal memasukkan lamaran, untuk kemudian dilupakan perusahaan dan posisi apa saja yang pernah  dilamar. Pengalaman yang saya alami, ada beberapa panggilan interview yang pada akhirnya saya abaikan, karena sebenarnya saya tidak berminat bekerja di perusahaan bersangkutan. Jangan-jangan nama kita di black list gara-gara itu?

Flickr
Awalnya gambar-gambar yang saya unggah di situs ini akan saya tautkan dengan widget di blog ini … tapiii … akun saya disana mati suri.

Instant Messanger
Ada Yahoo Messenger dan Gtalk … tapi karena kedua akun IM itu tidak bisa digunakan di kantor, maka saya create akun Skype, dimana saya hanya terhubung dengan teman-teman satu tim di kantor.

Forum
Tempat berkomunikasi dan berbagi dengan komunitas tertentu atau orang-orang dengan interest yang sama. Sejauh ini saya hanya aktif di forum ikastara.org, dimana saya berkenalan dengan banyak alumni SMA TN dari berbagai angkatan. We are a big and happy family :)

Listography
Apa pula ini?? Disini kita bisa buat list apapun … apapun tentang diri kita … apapun tentang apapun …
Kok saya bisa punya akun disana? Ah … ini pasti waktu saya gak ada kerjaan di kantor deh -_-”

Linkedin
Jejaring sosial juga, namun informasi yang ditampilkan disini adalah informasi berkaitan dengan pendidikan dan pengalaman kerja. Seandainya terkoneksi dengan banyak orang, bukan tidak mungkin akan terhubung dengan para employer yang membutuhkan keahlian kita. Tapi lagi-lagi, saya lagi iseng waktu membuat akun ini, bisa dibuktikan dengan berkunjung ke page saya di website itu. Hahaha …

Yang lainnya … ada beberapa sepertinya …
Fiuh … bisa jadi saya bukan pengguna internet yang bijak, terlalu mudah membuat akun disana-sini, padahal ketika kita membuat suatu akun, informasi tentang kita tercatat entah dimana. Pernah gak berpikir ada yang akan menyalahgunakan akun kita di dunia maya untuk hal-hal yang menghancurkan kita?? Hiiih … gak ngerti juga sih gimana caranya seandainya hal itu ada. Hanya terlintas sekilas di pikiran aja, mengingat saya sering membuat akun-akun yang kemudian saya lupakan … lain kali harus lebih hati-hati. Hati-hati!!!

Oh ya … pernah coba iseng-iseng nyari nama kita di Google? Kadang terkaget-kaget kan karena mendapati nama kita ada dimana-mana … hehehe