Dan di masa ini lah sekarang kita berada …
Masa dimana hampir setiap orang di dunia memiliki setidaknya satu akun di dunia maya …
Masa dimana eksistensi diri dinilai dari seberapa aktif seseorang berinteraksi dengan orang-orang yang entah siapa dan dimana …
Masa dimana hanya jari-jari yang berbicara, dan ‘autis’ menjadi kata populer yang tidak semestinya digunakan karena bagi sebagian orang terdengar menyakitkan …
Masa dimana transaksi terjadi tanpa tatap muka, dan rupiah masuk dan keluar tanpa menyentuh fisiknya …

Maka seperti berlomba-lombalah orang menarik perhatian teman-teman mayanya. Karena eksistensi ditunjukkan dengan total teman dalam list panjang tak terbatas, dengan banyaknya komentar yang masuk untuk setiap kegiatan pribadi yang kita deklarasikan melalui papan-papan kitab tampang dan burung-burung gereja yang berkicau, atau melalui pangkat yang dilekatkan berdasarkan banyaknya posting yang dikirimkan. Fyi, saya mengambil istilah ‘kitab tampang’ dan ‘burung-burung gereja yang berkicau’ itu dari itonesia, blog salah satu penulis favorit saya :)

Iya kan? Anda tidak menyangkal kan? Pun tidak dengan saya …
Dan kita pun semakin tidak terbiasa jika dalam satu hari saja tidak menggenggam dunia … jangankan satu hari … coba dalam satu jam?
Iya kan? Seringkali diibaratkan begitu kan? Dengan satu alat yang tidak lebih lebar dari telapak tangan, kita dapat menjelajahi dunia.

Semakin sempit saja dunia kita ini, dan terasa semakin cepat pula dunia ini berputar.
Ribu, juta, atau milyar (?) informasi baru muncul setiap saat, sepertinya tidak ada satupun peristiwa yang tidak terekam oleh jari-jari orang seantero dunia.
Setiap orang ingin mengabarkan, dan setiap kabar ingin dinilai penting, dimana peringkat ‘penting’ itu ditentukan oleh banyaknya jempol yang teracung dan rentetan komentar yang kadang … sampah … iya … junk istilahnya. Tidak mengapa, karena setiap orang berhak ‘berbicara’, dan setiap orang ingin diakui keberadaannya.

**
Ngemeng apa sih Puuut???
Awalnya gak berniat nulis yang isinya begini, cuma mau cerita akun-akun di dunia maya yang pernah saya buat kok, tapi lain kali aja deh ;)