Saya bukan lah seorang penggemar sepak bola (baca: nonton pertandingan sepak bola). Sesekali saja jika Timnas Indonesia bertanding, baru saya akan menontonnya dengan antusias.
Pun saya tidak memiliki pemain favorit yang selalu saya nanti-nantikan laganya. Walaupun saya bisa menyebutkan beberapa nama pemain sepak bola di Indonesia khususnya, tidak ada satu pun nama yang membuat saya sebegitu kagumnya, sehingga sampai mengelu-elukannya.

Kebetulan saya mengikuti milis salah satu BSO Ikastara. Tandef namanya.
Pada satu hari, seorang anggota milis membuka topik baru dengan menyalin tulisan dari blog seseorang kemudian menyantumkan alamat blog sumber tulisan tersebut di akhir postingannya. Salinan tulisan yang saya baca di halaman milis tersebut, jujur membuat saya tersentuh. Kecintaan penulis blog tersebut kepada Merah Putih tidak diragukan lagi. Tim Nasional Indonesia pun dibelanya. Ya … dia adalah seorang striker andalan Indonesia.

Di saat banyak orang, termasuk juga saya, hanya bisa menggerutu dengan kondisi bangsa ini, pemerintahan di negara ini, yang dianggap tidak becus mengurus rakyatnya, ternyata masih ada orang-orang yang dengan bangganya menjaga Garuda di dadanya, dan berbuat sesuatu untuk kebanggaan Indonesia.
Malu, tentu saja, karena apa yang saya gerutu-kan tidak berbuah apapun pada kemajuan bangsa Indonesia.

Sekali lagi saya katakan, saya bukanlah penggemar sepak bola, dan tidak mengagumi pemain bola mana pun karena teknik permainan bolanya, tapi saya menemukan satu nama pemain bola yang saya kagumi karena tulisannya. Jikalau pun saya harus mengagumi dia, saya kagum dia sebagai seorang penulis, alih-alih pemain bola. Ah, jangan paksa lagi saya mengatakan, karena saya bukan penggemar sepak bola yang mengerti bagaimana seseorang dikagumi karena kepiawaiannya bermain bola.

Kalau penasaran membaca tulisan-tulisannya, silakan klik link di bawah ini http://bambangpamungkas20.com/