Tulisan tentang judul di atas, tidak hanya sekali dua saya baca.
Beberapa orang mengatakan bahwa blog hanyalah trend sesaat, layaknya euforia masyarakat terhadap munculnya suatu teknologi baru lainnya.

Saya sendiri termasuk orang yang ‘terlambat’ ngeblog. Saya baru memutuskan ngeblog ketika perkembangan blog justru hampir mencapai titik jenuh. Lagipula dalam banyak hal saya bukan tipe orang yang bisa dengan mudah memublikasikan/berbagi pengalaman atau buah pikiran saya untuk dibaca banyak orang.

Sempat menemukan beberapa tulisan bernada sinis yang ditujukan kepada para blogger, diantaranya mengatakan bahwa ngeblog itu tidak bermanfaat (dalam hal ini si penulis menilai blog secara ekonomis, juga dengan mempertimbangkan opportunity cost-nya), adapula yang mengatakan banyak diantara para blogger yang mulai ngeblog hanya untuk mengikuti trend.
Mungkin kedua pernyataan tersebut tidak salah, karena pada kenyataannya banyak blog yang pada akhirnya mati karena dari awal si pemilik blog tidak memiliki visi dan misi yang jelas mengenai masa depan blognya.

Terlepas dari content blog saya yang memang tidak sedikitpun memiliki nilai ekonomis.
Terlepas dari isi post saya yang kadang memuat hal-hal yang tidak penting (bagi sebagian orang mungkin dianggap kegiatan ngeblog saya hanya menghabiskan waktu dan terlihat kurang kerjaan),
saya merasakan manfaat lain dari ngeblog.

Bagi saya, blog adalah salah satu sarana yang tepat untuk belajar menulis.
Ketika mulai ngeblog, saya tidak memikirkan tema tertentu untuk blog saya. Saya hanya tahu menulis dan menulis. Menulis apapun berdasarkan apa yang saya alami dan saya rasakan. Lagipula saya merasa belum memiliki kompetensi yang memadai tentang suatu hal yang bisa saya jadikan tema blog.
Dalam pandangan saya, setiap orang itu unik, dengan pengalaman-pengalamannya yang unik juga. Maka ketika mulai berpikir untuk menulis, maka saya hanya berpikir untuk menulis hal apapun yang terjadi pada saya dan lingkungan saya. Tidak peduli apakah tulisan-tulisan tersebut nantinya akan dibaca oleh banyak orang atau tidak. Karena tujuan utama saya ngeblog adalah untuk mengembangkan diri saya, menambah rasa percaya diri, sekaligus belajar mengungkapkan buah pikiran saya dalam bentuk tulisan. Alhamdulillah jika ada orang lain yang juga mengambil manfaat dari tulisan-tulisan saya.

***
Endingnya ngambang ya…hehe….udah ga tau mesti nulis apa