Ada satu saat dimana aku sama sekali tidak tahu harus menulis apa….seperti sekarang ini. Padahal ada satu masa dimana aku bisa menuliskan dan menjelaskan apapun tanpa dipikirkan dulu…semuanya mengalir begitu saja, panjang lebar sampai di luar topik yang pada awalnya ingin dibicarakan.
Pernah aku menyimpulkan, “Menulis itu mudah…”, menulis apapun, dimana tulisan kita terbebas dari tekanan berbentuk apapun, baik itu cara penulisan, bahasa, isi, ejaan, dan….dan yang lain-lainnya. Tapi, akhir-akhir ini entah kenapa, bahkan untuk menulis hal-hal yang sederhana pun berat rasanya.
Selalu saja alasannya, “Tidak ada ide…”, padahal seorang teman pernah berkata bahwa, “Ide itu bisa kamu dapat darimana saja…setiap detik nafasmu bisa kau jadikan ide tulisan jika kamu mau memaknainya…”.
Aku hanya manggut-manggut….

“Ketika kamu bingung harus menulis apa, maka lihatlah sekelilingmu, disanalah ide-ide itu tersebar, kamu tinggal memilih salah satunya…”, kata seorang teman yang lain.
Iya aku mengerti…

“Jangan pernah memikirkan apa yang akan kamu tulis, tapi tulislah apa yang sedang kamu pikirkan…”, aku mengangguk semakin dalam. Ya…aku setuju.

Tapi ketika kuhadapi lagi sebuah laptop….aku bingung, “Apa yang harus aku tulis?”

Waduh kenapa ini…kenapa ini…