Beberapa hari yang lalu, berlokasi di dapur Rumah Kost Jalan Pam Baru 3 No 12, terjadilah percakapan yang (selalu) menarik.

Sampai pada akhirnya percakapan bermuara pada hal tentang, manfaat setrika selain untuk melicinkan pakaian. Nah lo? Emang ada?

Tentu saja, selain untuk melicinkan pakaian, setrika pun terbukti dapat digunakan untuk memasak mie dan membakar roti. Wow…luar biasa bukan? Itu baru dua dari banyak kegunaan setrika yang lain. Mungkin suatu saat bisa dicoba membuat telor ceplok, atau memanggang martabak telur di atas setrikaan. Hmmm…boleh juga.

Teman ngobrolku hanya tercengang-cengang mendengar kehebatan setrika, yang dia anggap hanya memiliki satu kegunaan, “Hah…kok bisa?”, “Gila…masa sih?”, “Ya ampuuun…parah…”, “Emang jadinya enak?”, dan ekspresi-ekspresi takjub lainnya (takjub?!?!?! Hahahaha)

Obrolan ini diilhami oleh pengalaman-pengalaman (gila) teman-teman (cowok) semasa di ‘penjara nun indah’ dulu. Yang pada akhirnya pernah kupraktikkan sendiri dan ternyata berhasil.

Dulu….ketika kompor masih menjadi suatu kemewahan, setrika pun menjadi solusi.

 

Berikut resep praktis membuat aneka makanan dengan menggunakan setrika:

 

Mie rebus

–          Siapkan sebungkus mie, air untuk merebus mie, sebuah mangkuk konduktor (yang dapat menghantarkan panas), dan tentu saja setrika (yang panasnya maksimal).

–          Balik setrika sehingga sisi yang panas menghadap ke atas, dan sangkutkan di celah antara lemari belajar.

–          Letakkan mangkuk logam berisi air di atas setrika, dan tunggu keajaiban yang terjadi. Air mendidih, mie mateng (setrika angus), dan semangkuk mie rebus panas dan nikmat siap dihidangkan. Yummmmiiieeeee……

 

Roti bakar

–          Siapkan roti dengan isi sesuai selera kita.

–          Siapkan tissue. Bungkus roti dengan tissue dan letakkan di tempat yang  datar.

–          Letakkan setrika di atas roti (Perhatian: Jangan menggosok-gosokkan setrika di atas permukaan tissue yang membungkus roti, karena hal tersebut akan membuat tissue menempel pada roti, kecuali kalo kalian pengen nyoba bikin roti bakar rasa tissue, roti di dalam, tissue di luar).

–          Bolak balik roti, dan ‘panggang’ roti sampai tingkat ‘kegosongan’ yang diinginkan.

–          Tunggulah keajaiban yang terjadi.

–          Taraaaa….Setangkup roti bakar hangat dan nikmat siap dihidangkan…..Hmmmmmm……Enaaaaaaaaakkkk (kalo yang ini aku pernah nyoba sendiri suatu pagi di kamar kost B-13 Bandung).

 

Ayo berkreasi dengan setrika!