Sabtu, hari dimana orang-orang menghabiskan weekendnya bersama keluarga, atau bersama teman-teman, atau bersama pasangannya, atau….mungkin hanya sendiri, tetap tidak akan membosankan jika ditemani aktivitas favoritnya.

 

Hari Sabtu ini, aku ngga lagi kumpul sama keluarga, apalagi sama teman-teman, juga tidak sedang melakukan aktivitas favoritku. Aku hanya sendiri…di suatu ruangan cukup luas, di bagian Accounting klienku.

Ya…hari ini aku lembur. Karena semua pekerjaanku saat ini membutuhkan banyak dokumen klien, maka aku tetap harus ke klien. Sendirian.

Tadi pagi datang agak siang. Jam 9 baru bangun, jam 10 baru siap berangkat, jam setengah 11 baru sampai di halte busway, dan jam setengah 12 baru sampai ruangan ini. Malas. Itu saja alasanku mengapa datang sesiang itu. Apalagi jarak kost – klien tidak bisa dibilang dekat. Satu jam setidaknya. Belum lagi, siang ini matahari bersinar sangat cerah, bisa dibilang terik, membuatku merasa lebih berat meninggalkan kost.

Sesampainya di klien, apa yang kulakukan. Entahlah…banyak yang harus kuselesaikan sebenarnya. Tapi….jenuh! Sangat jenuh! Amat sangat jenuh sekali! Selama seminggu terakhir, aku mengerjakan hal yang itu-itu saja. Bolak balik ke ruang dokumen, memeriksa dokumen-dokumen itu, mencatat, semuanya mengalir begitu saja. Tidak terlalu kutekuni. Secara otomatis tangan-tangan ini bergerak mencari ordner, dokumen, dan memeriksanya, sementara pikiranku juga melanglangbuana ke tempat lain. Hatiku juga tidak sepenuhnya disini, masih menyimpan penasaran pada kelanjutan cerita roman yang sementara harus kuhentikan kubaca, demi mengerjakan pekerjaan-pekerjaan banyak dan membosankan ini.

 

Saat ini jam sudah menunjukkan pukul 3.35 PM. Wakunya pulang, walaupun aku yakin, teman-temanku yang lembur di kantor pasti masih berkutat dengan pekerjaannya. Tak apa. Ini hariku. Aku tidak lagi ingin membuka dokumen-dokumen tebal itu SAAT INI. Aku hanya ingin pulang. Lebih baik kubawa sebagian dokumen yang hendak kuperiksa. Setidaknya suasana nyaman di kamar lebih membuatku semangat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan membosankan ini.