Cari 10 Titik Perbedaan!

July 27, 2011 § 10 Comments

Pasti tahu kan dengan permainan ini?
Dulu seringkali ada kuiz semacam ini di majalah Bobo.
Biasanya akan ditampilkan 2 buah gambar yang terlihat sama, namun jika diteliti terdapat perbedaan di beberapa titik.

Di postingan ini saya tidak akan memberikan 2 gambar yang mirip untuk Anda cari perbedaannya, postingan ini hanya terinspirasi oleh stasiun-stasiun tv yang mulai mengiklankan sinetron-sinetron Ramadhan mereka.
Lho apa hubungannya?

Tentu saja berhubungan, karena disini saya ingin mengajak Anda mencari 10 perbedaan antara sinetron yang bukan ditayangkan di bulan Ramadhan dengan sinetron yang ditayangkan di bulan Ramadhan. Baiklah … kita sedikit perluas dengan menyebut sinetron Ramadhan itu sebagai Sinetron Religi.

Yuk mari kita mulai …

Perbedaan pertama: Judul sinetron.
Kalau saya perhatikan, setidaknya di 3 stasiun tv swasta yang paling sering menayangkan sinetron, sinetron-sinetron biasanya diberi judul sesuai dengan nama pemeran utama mereka (biasanya pemeran wanita), atau bisa juga terdiri dari sebuah frase terdiri dari 2 atau 3 kata yang tetap mengandung nama pemeran utamanya, atau berupa suatu rangkaian kata yang tidak jelas maksudnya apa. Ya … tidak jelas, karena seringkali antara judul dengan isi cerita pada akhirnya tidak nyambung.
Maka, bermunculanlah sinetron-sinetron yang menyertakan nama pemeran utama mereka, seperti : Cinta Fitri Season XXX, Kemilau Cinta Kamila, Cahaya Cinta, Nada Cinta, Nikita, Olivia, Manohara, Lia, Kejora dan Bintang, Diva, Mutiara, Namaku Mentari … dan Asri (hehe … untung nama yang terakhir itu gak pernah jadi judul sinetron, dan semoga GAK ADA sinetron berjudul Asri … ngerusak pasaran aja :P)
Nah, apa bedanya dengan sinetron religi? Pada sinetron religi judul-judul sinetron dan nama pemeran utama biasanya terdengar lebih islami, seperti: Khadijah dan Khalifah, Khanza, Cinta Fitri Season Ramadhan, Kamila Penuh Hidayah, Muslimah, Anugerah, Taqwa, Ikhlas, Doa dan Karunia, Aisyah, Soleha, Aqso dan Madina, kenapa tidak sekalian saja pemeran utamanya bernama Baqarah …

Perbedaan kedua: Soundtrack.
Ya … sama halnya dengan sinetron, pada bulan Ramadhan, band-band dan para penyanyi pun ikut mengeluarkan album-album Ramadhan. Tiba-tiba banyak bermunculan lagu bertema Islam, dan dipakailah lagu-lagu mereka oleh production house sinetron religi, jadilah sinetron berjudul islami dengan soundtrack yang islami pula. Hanya saja, lagu-lagu islami ini biasanya terdengar sangat “pas-pasan” di kuping, untuk menghindari kata “kurang enak didengar”. Mungkin karena penggarapannya seadanya, hanya untuk diperdengarkan selama 1 bulan Ramadhan saja.

Perbedaan ketiga: Dialog-dialog lebih banyak menyertakan lafadz “Allah”.
Allah, subhanAllah, alhamdulillah, astaghfirullah, lailahailAllah, masya Allah …
Pada sinetron religi, kata-kata itu seringkali muncul dalam dialog, kalo perlu kutipan ayat atau terjemahan Al Quran pun disertakan.
Hanya kadang kalo diperhatikan, kata-kata itu digunakan tidak pada konteksnya.

Perbedaan keempat: Pemeran wanita berjilbab/ pemeran pria berpeci.
Pemeran utama wanita berjilbab di sinetron religi dimaksudkan untuk menunjukkan identitasnya sebagai muslimah yang taat. Tapi sinetron religi tidak puas hanya dengan menunjukkan identitas ke’muslimah’an pemain wanitanya, untuk lebih menegaskan ke’religi’an sinetron mereka, pemeran prianya pun kadang-kadang diberi peci sebagai tanda ketaatannya sebagai muslim.  
Hei tapi saya mau protes!!! Di sinetron-sinetron, wanita berjilbab seringkali berkarakter lembek, nrimo, pasrah yang tidak pada tempatnya, cengeng, lemah … ooh no … itu bukan muslimah yang tangguh!

Perbedaan kelima: “Pacaran” Islami.
Biar namanya sinetron religi, tema ceritanya masih sama, tentang kisah percintaan remaja. Cuma dikemas seolah-olah itu islami.
Ceritanya plain banget, misalnya:
anak band rock yang bandel jatuh cinta sama guru ngaji,
cowok yang ga pernah belajar agama jatuh cinta sama anak ustadz,
anak orang kaya yang sombong jatuh cinta sama anak orang miskin yang sholehah dan punya stock sabar gak abis-abis (sabar apa pasrah?),
pokoknya asal salah satu pemeran dari sepasang pemeran utama yang saling jatuh cinta itu pake kerudung atau peci, trus tinggal di pesantren, dan sering mengucapkan lapadz Allah, jadilah pacarannya itu seolah-olah islami *timpuk :p

Perbedaan keenam: Sinetron religi di bulan Ramadhan ditayangkan lebih malam.
Mungkin maksudnya agar tidak bentrok dengan jam tarawih atau jam orang buka puasa. Jadi, diharapkan orang-orang akan mendapat “siraman rohani” dari sinetron-sinetron itu setelah berbuka puasa dan tarawih. Mulia sekali yaa … *timpuklagi
Tapi … akan lebih baik jika malam-malam di bulan Ramadhan dimanfaatkan untuk ibadah-ibadah lain selain menonton “siraman rohani” dari sinetron religi ;)

Perbedaan ketujuh: ….
Harus saya lagi yang menemukannya? Ayo bantu saya nyari dong, sekalian untuk perbedaan ke delapan, ke sembilan, ke sepuluh, lebih bagus lagi kalau menemukan perbedaan ke sebelas dan seterusnya :D

Dari tulisan ini bisa dikembangkan ide untuk mencari titik-titik perbedaan antara:
Lagu-lagu band pada bulan Ramadhan dan bukan pada bulan Ramadhan
Berita infotainment pada bulan Ramadhan dan bukan pada bulan Ramadhan
Iklan TV pada bulan Ramadhan dan bukan pada bulan Ramadhan
Kostum para artis pada bulan Ramadhan dan bukan pada bulan Ramadhan
Berita-berita pada bulan Ramadhan dan bukan pada bulan Ramadhan
… untuk yang terakhir saya sebutkan, yang paling diuntungkan oleh bulan Ramadhan menurut saya para politikus korup yang beritanya lagi anget-angetnya sebelum Ramadhan ini, sepertinya acara berita di bulan Ramadhan nanti akan lebih banyak diwarnai berita tentang kenaikan harga barang-barang atau semrawutnya arus mudik lebaran, jadi … yuk dadah yuk bubye deh ya tuh berita-berita politik dan korupsi :P

Pesan saya: pintar-pintar lah memilih tayangan tv yang ingin ditonton, secara umum saya menilai sinetron-sinetron Indonesia itu tidak layak tonton, tapi ada beberapa yang memang bagus dan menyampaikan pesan positif kepada para penontonnya, sebut saja salah satunya sinetron Para Pencari Tuhan garapan Om Deddy Mizwar.
Yang terpenting dampingi anak-anak kecil di sekitar Anda ketika menonton tv, hmm, lebih oke kalau mereka diarahkan ke kegiatan yang lebih aktif lain selain menonton tv, ya kan? ;)

Sok tua gue yaa :P

Tagged: , ,

§ 10 Responses to Cari 10 Titik Perbedaan!

  • perbedaan ketujuh : pemerannya, ada bbrp artis yang sepertinya spesialis sinetron/pilem2 islami, jadi cuma muncul di sinetron edisi bln puasa….meski kelakuannya gak jauh beda dgn rakyat kebanyakan yang suka dugem dan hura hura :D

    • asriputririzqiah says:

      Perbedaan ketujuh: approved :P

      Perbedaan kedelapan: Latar tempat
      Pada sinetron religi, jadi banyak adegan-adegan yang dilakukan di masjid, pesantren, madrasah … menyesuaikan pemeran utamanya yang berperan jadi ustadz, guru ngaji, dll :)

      Perbedaan kesembilan: …

  • Dimas Kurniawan says:

    OOT dikit untuk perbedaan 1
    Putri yang Tertukar
    :D

    • asriputririzqiah says:

      oooh itu bisa dikategorikan sinetron dengan judul yang pada akhirnya gak nyambung sama jalan ceritanya :P

      seharusnya cerita selesai sampai 2 putri terbukti tertukar

  • Wakakak, sama kayak tv kantor. Untung di kosan Arfi langganan tv kabel, numpang nonton bisa terhindar dari sinetron :D

    • asriputririzqiah says:

      Emang sekostan sama arfi ya? Terhindar dr sinetron siiih, tapi kok numpang? Haha :D
      Mohon maaf lahir batin, untuk salah2 kata, salah2 perbuatan, salah2 komen ;)
      Selamat berpuasaaa

  • Eh iya lupa, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Menjalankan Ibadah Puasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Cari 10 Titik Perbedaan! at J.U.R.N.A.L.

meta

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,608 other followers

%d bloggers like this: